Supadilah Abu Jundi

Guru di SMA Terpadu Al-Qudwah. Aktivis Komunitas Indonesia Membaca. Guru Fisika. Suka baca, futsal dan tenis meja. Menulis adalah kesenangannya....

Selengkapnya
Guru Branded
Sumber : freepik.com

Guru Branded

Seseorang tidak mungkin sempurna menguasai semua bidang. Seorang guru tidak mungkin sempurna bisa semau hal. Melakukan banyak hal dalam satu waktu akan membuat kita tidak fokus.

Fokuslah pada satu hal yang kelak menjadi branding kita. Seorang Guru harus fokus mendalami dan menguasai satu hal yang paling dikuasai sehingga menjadi brandingnya.

Begitu yang disampaikan oleh kabidik Sekolah Islam Terpadu Al Qudwah, ustadz Samson Rahman, diawal saya bergabung dulu.

Apa branded kita? Nah itu yang harus kita kuasai. Apa branded kita sehingga orang mengenal kita sebagai orang yang spesialis di bidang itu.

Guru kreatif, dalam pembelajaran selalu menampilkan kreatifitas mengajar, tidak melulu satu metode atau strategi. Guru kreatif membuat suasana kelas menjadi tidak biasa, hidup, dan menyenangkan.

Guru administratif, guru yang selalu siap dengan perangkat administrasinya. RPP, silabus, penilaian, mengoreksi tugas siswa, mengumpulkan nilai raport tepat waktu, dan lainnya.

Guru literasi, guru yang identik dengan literasi. Menjadi penggerak kegiatan literasi di sekolahnya, menjadi inspirasi bagi guru dan siswa. Hobby nya tidak jauh dari membaca dan menulis. Selain buku ajat, koran dan buku bacaan akrab dengannya.

Guru disiplin. Urusan tepat waktu, guru ini pakarnya. Datang, masuk kelas, mengakhiri kelas, dan pulang tepat waktu. Pun demikian jika ada agenda rapat atau agenda sekolah, guru selalu on time.

Guru akademik. Guru ini sukses mendongkrak prestasi akademik siswa. Rajin membimbing dan membina siswa dalam belajarnya. Berkat dia, siswa kerap juarai lomba-lomba akademik semisal OSN, LCC, dan lomba lainnya.

Guru olahraga. Dari tampang dan tampilannya sudah kelihatan. Sporty. Urusan olahraga, dia sangat antusias. Jika ada agenda olahraga selalu ikut bahkan jadi pelopor.

Guru motivasi. Identik dengan kalimat motivasi yang sering diberikan di sela-sela mengajar atau pada kesempatan ngobrol dengan siswa. Guru ini seakan tidak habis dengan kalimat positif dan baik untuk siswanya.

Meskipun begitu, ada seorang guru yang ada dua atau tiga branding dalam dirinya. Tidak jadi masalah. Hanya, usahakan menekuni satu hal. Supaya sangat profesional dalam bidang tersebut.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Inspiring

07 Dec
Balas

Inspiring

07 Dec
Balas

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali